MA Al Hikmah 2 akan diganti MAK

Pada tahun 1990 MA Al hikmah 2 dilahirkan ke alam dunia ini, dengan status sekolah terdaftar pada Dirjen Pendidikan Islam Depag RI, tahun 1993 memperoleh predikat “Diakui”dan pada tahun 1999 MA Al Hikmah 2 memperoleh predikat Disamakan, sama seperti Sekolah-sekolah Negeri di tingkatannya. Dan dengan bekal 3 program ketrampilan (Perikanan, Pengelasan dan Tatabusana) yang disupport 100% oleh Depag RI, MA Al Hikmah 2 terus melaju menjadi sekolah yang sangat diperhitungkan, baik dilingkungan kandangnya sendiri yaitu Departemen Agama RI atau pada Departemen Pendidikan Nasional.

Pada tahun 2005, Anugerah dari sang Maha Pencipta juga dilimpahkan untuk MA al Hikmah 2 dengan diberikannya predikat “Terakreditasi A” oleh Tim BAN (Badan Akreditasi Nasional) dari Provinsi Jawa Tengah, Semarang. Sungguh prestasi yang sangat perlu kita syukuri.

Predikat “terakreditasi A” tidaklah mudah untuk kita jaga dan kita pertahankan. Hal ini karena semua sekolah secara periodik setiap 4 tahun sekali harus melakukan sistem akreditasi ulang. Kalau MA Al hikmah 2 sudah mencapai predikat “terakreditasi A”, maka secara rasional sekolah tersebut harus mampu menjadi sekolah yang berstandar nasional, sebelum bisa disebut SBI (Sekolah Berstandar Internasional).

Bisakah Ma Al hikmah 2 menjadi skolah berstandar Nasional ?. Jelas memungkinkan bisa. Kenapa penulis merasa nyakin dengan kemampuan untuk meraih predikat tersebut. Alasan penulis demikian :

  1. Sekolahnya gede, megah, siswanya banyak

  2. Sarana penunjang kegiatan belajar mengajar cukup bagus. Ruang belajar yg nyaman, semua pakai Whiteboard, ada beberapa yg dilengkapi audiovisual, Laboratorium kompit, mulai Lab. Komputer, Lab. Bahasa, Lab Ketrampilan Las, Ketr. Tatabusana, Ketr. Perikanan sampai Lab. Alam untuk Mata pelajaran MIPA. He eh. Iya kan ?

  3. Sumberdaya Manusianya baik, jujur dan Sopan. He eh. Dewan gurunya terkualifikasi dan profesional. He eh

  4. Prestasi yang di peroleh oleh MA Al Hikmah 2 sangat banyak, dari mulai prestasi tingkat kabupaten, propinsi sampai nasional. Mau bukti, silahkan saja di cek. Prestasi nasional misalnya Juara 1 Qiroatul Qutub yang diadakan oleh IAIN Walisongo semarang. Juara I, website sekolah terbaik yang diadakan oleh Universitas Gunadarma jakarta. Prestasi internasional misalnya, alumninya mampu masuk mendapat beasiswa Sekolah di Al-Azhar Cairo Mesir, baik untuk tingkat Tsanawiyah, Aliyah atau Universitasnya.

  5. Menjadi sekolah tempat utusan luar negeri diminta mengajar disitu, sebut saja Mr. X Mengajar Bhs. Inggris, Ust. Husein, Ust. Sya’ban, Ust. Sholikhin, Ust. Anwar, diutus oleh pemerintah Arab Saudi untuk mengajar disana.

  6. Memiliki Website penunjang informasi ke dunia luar, hubungan dengan Alumni dan Wali santri. Dengan nama www.malhikdua.sch.id

Semoga saja harapan itu terwujud dengan mudah dan lancar. Amiin

Lha kenapa MA Al Hikmah 2 akan diganti MAK ?

Menteri Pendidikan Nasional kita, Bapak Prof. Bambang Sudibyo mengatakan ; “ Mulai tahun 2008 dan seterusnya adalah tahun kebangkitan SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan”.

Dan sekarang yang ada, setiap hari dibulan April ini Bapak menteri selalu beriklan di media Televisi : semua alumni SMP/MTs diharapkan masuk SMK.

Sekolah SMK adalah sekolah yang mampu menciptakan dunia indonesia baru “Indonesia Maju”, sekolah yg mampu mewujudkan banyak lapangan kerja, pertumbuhan industri pesat karena banyak orang terampil dan lain sebagainya.

Sekolah SMK dengan sistem 75 % praktek dan 25 % teori dalam kegiatan belajar mengajarnya, menciptakan orang-orang yg siap terjun dalam dunia kerja, siap mandiri dan ini menumbuhkan perekonomian indonesia. Ini adalah harapan kita semua.

Dengan alasan tersebut, berbagai langkah harus ditempuh oleh MA Al hikmah 2 untuk dapat bersaing dengan SMK atau dapat diterima oleh masyarakat, sehingga masyarakat tidak akan ada ketakutan jika anaknya dimasukkan ke Ma Al hikmah 2 Benda.

Muncul gagasan-gagasan baru di ma alhikmah 2, seperti; akan dimunculkan ketrampilan/spesifikasi perbengkelan, Outomotif, ketrampilan furniture, ketr. Editing Film, Ketr. Teknisi Komputer dan ketrampilan Teknik Informartika dan Jaringan.

Aha … sungguh suatu gagasan yang cemerlang, perlu dipikirkan oleh semua stakeholder ma alhikmah 2 atau yayasan al hikmah 2. atau bahkan oleh departemen agama sekalipun.

Mari kita sambut ma al hikmah 2 diganti dengan MAK ( Madrasah Aliyah Kejuruan). Tulisan diatas hanya sekedar Issue/ wacana saja, belum tentu terwujud. Terima kasih telah membaca tulisan saya.

Tolong beri komentar ya….

Leave a Reply

5 thoughts on “MA Al Hikmah 2 akan diganti MAK”

  1. saya dukung 100 persen pak. Tapi saya usulkan dikasih atribut PLUS, shg mjd MAK plus.

    Lantas plusnya apa? Terserah deh. Mau soal akhlaq, kepribadian,atau kewirausahaan trserah. Tp kl menurut saya Plus itu menyambung etos dr ketrampilan,yakni brtanggung jawab. Krn bnyak org yg skillnya bagus tp tak bisa bekrjasma, tak mampu teamwork, mau maju sendiri. Ujung2nya malah ngrepoti, krn srg tdk tertib wktu dlm menyelesaikan project.

    Pokoknya jgn sampe siswa MAK brmental penjahit (kata orang2) : ordernya skarang, lebaran ke 2 blm tentu rampung 🙂

    Paling tdk atribut Plus itu mjd marketable dlm memikat (ortu) calon siswa

  2. Yang skillnya bagus dan tdk tggungjwb siapa ya mas ?…. yang ngrepoti mohon diperjelas mas? … yg penjahit itu sapa ya?… trima kasih comennya ms novi. salam merdeka

  3. @49oe5:
    loh banyak mas di indonesia ini. pak nuh, mantan rektor saya dulu pernah mengeluh kalau banyak mahasiswanya (its) yang sering lari dari tanggung jawab ketika diserahi order. padahal tiap tahun selalu juara kontes robot. sampai akhirnya beliau merubah konsep bahwa mahasiswa harus menjadi enteprenueur.

    penjahit? kan udah dalam kurung, artinya sudah jadi kiasan orang-orang. jadi penjahit itu bisa siapa saja, orang servis TV juga. kalau nggak ditunggui gak bakal digarap. walau sudah dikasih DP.

    terus kalau ditunggui protes :” emang saya ini penjual martabak mas? bisa ditunggui begitu..”

    tuh kan… wes ta lah…. repot kalau otaknya tidak dicuci sekalian. ha ha ha

  4. Saya dukung Pak! Mari kita ciptakan MA is the best. (Jangan lupa! Selain siswa-siswinya, para gurunya pun perlu IS THE BEST!)

  5. Jangan cuma ngandelin besarnya gedung dan anak.Tingkatkan lagi kesportifan terhadap sekolah laen khususnya satu yayasan….key’……

    “Trims atas Usulannya…
    Smg Terwujud “

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *